Senin, 14 November 2011

Ternyata Main Angklung Itu Menyenangkan

Ini sebernernya cerita udah lama, kira-kira 6 bulan yang lalu dan gue wajib berbagi cerita ini J
Gue baru tau tenyata bermain angkung sangat menyenangkan. Seruuu !!
Waktu itu kampus mengadakan observasi ke Bale Seni Barli Kota baru Parahyangan Bandung dalam rangka UAS mata kuliah Pembelajaran IPA SD.


Disana kita diajarkan membuat batik ikat celup dan bermain angklung. Nahh, yang menarik ialah saat sesi bermain angklung. Ternyata angklung juga mempunyai jenis-jenis nada loh. Seperti do re mi fa so la si do. Setiap angklung diberi nomor 1-7 yang berarti nomor 1 ialah angklung yang bernada do, begitu seterusnya.
Kita juga diajarkan cara memegang angklung yang benar yaitu, tangan kiri memegang bagian tengah atas angklung dan tangan kanan memegang bagian kanan bawah angklung yang berfungsi untuk membunyikan angklung dengan cara menggoyangkan angklung ke kanan dan kekiri.


Ini pertama kalinya gue bermain angklung dan it is very Fun guys!! bunyi alunan angklung yang ramai membuat hati jadi ceria.
Angklung ialah alat musik tradisonal yang terbuat dari bambu, tadinya gue fikir memainkan alat musik tradisional seperti angklung pasti membosankan, wahh.. tapi itu benar-benar salah. Karena ternyata bermain angklung sangat menyenangkan dan mengasikkan. Apalagi setelah kita diajak memainkan beberapa lagu, mulai dari lagu pahlawan, lagu anak-anak, sampai lagu pop. Kita secara bergantian membunyikan angklung sesuai dengan nada yang terdapat pada angklung yang kita pegang. It’s nice.



Sesi bermain angklung ini berlangsung cepat dan diakhiri dengan tepuk tangan dari teman-teman, padahal gue masih asik memainkan alat musik ini :D
Wajib dicoba deh, sekaligus melestarikan alat musik tradisional kan teman-teman J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar